Thursday, 29 October 2015

SEPATU LUKIS
Sepatu kanvas yang dimodifikasi menjadi painted canvas shoes, masuk di Indonesia sekitar tahun 2006, namun sayangnya belum semarak seperti sekarang ini. Di Amerika Serikat tepatnya di kota New York, sepatu kanvas lukis ternyata sudah ada sejak tahun 1990-an. Di sana sepatu kanvas akrab dikenal dengan nama sneakers.
Sneakers yang sudah dimodifikasi berawal dari street art. Seni yang dekat dengan keseharian kita atau seni jalanan. Yang mempopulerkan sepatu kanvas lukis ini adalah para penari Breakdance. Sejumlah seniman sneakers seperti Arks dan Tutu menjadi orang-orang yang kerap mempopulerkan sepatu ini.Arks dan Tutu bergabung dalam ‘Sneakers Whothinkfamous’. Tutu dan Arks memilih sepatu untuk dilukis (canvas shoes paint) dan mempopulerkannya kembali di tahun 2006-an.
Di Asia, tren sepatu lukis ini berawal di Singapura. Adalah Chee desainer (shoes fetish) yang mengawali tren sepatu lukis kanvas ini. Chee membuat sepatu karyanya ini dalam jumlah yang terbatas alias dibuat hanya satu buah tiap pasangnya.
Chee memberi nama hasil karyanya dengan nama ‘Minou’ yang artinya kucing. Minou menjadi terkenal di Singapura tahun 2005-an. Di Indonesia sendiri, sepatu lukis ini jarang dijual bebas, kebanyakan dijual di butik, distro atau toko online.
Sepatu lukis menjadi sangat digemari karena:
Memiliki model yang beragam
Untuk yang suka tampil beda, desain gambar biasanya limited (terbatas)
Bagus tapi (relatif) murah
Cocok untuk segala kalangan
untuk yang suka berkreasi sendiri, pembuatannya mudah sehingga dapat dibuat sendiri dengan peralatan seadanya.

Kreatifitas untuk mengemas atau memberi sentuhan baru pada sebuah produk yang sudah ada, bisa membuat produk tersebut menjadi lebih bernilai jual. Sepatu lukis contohnya. Sepatu lukis adalah sebuah pengembangan produk lama yang sudah ada dan dikemas dengan karakteristik dan keunikan tersendiri, sehingga cepat diminati masyarakat.produk dasar sepatu lukis adalah sepatu berbahan dasar kanvas yang memang disukai anak muda dan dilukis menggunakan cat akrilik dengan warna-warna dan desain gambar unik dan menarik, makin disukai anak muda dan tak ayal hanya dengan sedikit sentuhan kreatifitas, harga jualnya pun bisa naik berlipat-lipat.
Kekuatan dan daya tarik produk sepatu lukis merupakan salah satu yang diminati kalangan remaja karena memperlihatkan identitas mereka sebagai anak muda yang ceria dan dinamis. Desain yang bisa customized, sesuai keinginan konsumen membuat sepatu lukis terkesan eksklusif karena jika di desain sendiri oleh pembeli, tidak aka nada yang menyamainya. Sepatu lukis juga menjadi semacam media untuk mengekspresikan diri.
Dengan banyaknya peminat saat ini, bisnis sepatu lukis merupakan bisnis yang menggiurkan. Dengan modal yang tidak terlalu banyak dan bahan yang tidak akan kadaluarsa. Untuk permulaan memang sulit mendapatkan pelanggan. Tetapi dengan banyaknya link dan pemasaran yang baik, bisnis ini dapat menghasilkan omset yang besar. Untuk pemasarannya, misalnya melalui social network, atau distro bahkan nebeng took atau distro milik orang lain. Atau bisa melalui berita mulut ke mulut. Apabila usaha ini telah berkembang pesat, tentu keuntungan yang didapat juga lebih besar, bagi orang-orang dengan kreatifitas yang tinggi dan pergaulan yang luas sangat cocok menjalankan bisnis ini karena benar-benar sangat menjanjikan. Kalaupun bisnis ini tidak berjalan dengan baik, alat dan bahannya ddapat dipergunakan untuk hal lain atau sepatu lukisnya dapat digunakan sendiri.

No comments:

Post a Comment